Senin, 22 April 2013

Food and Beverage Departement


A.  F&B DEPARTEMENT

PENGERTIAN
Merupakan suatu department yang ada di hotel yang mencakup food and beverage service dan food and beverage product dimana kedua bagian tersebut berfungsi untuk menjual jasa pelayanan makanan dan minuman  untuk para tamu hotel dan dikelola secara komersial dan professional.

TUJUAN F&B DEPARTEMENT
1.     Untuk memenuhi selera tamu, keuasan dari makan dan minum
2.    Untuk memelihara dan meningkatkan nama baik hotel, khususnya tamu dari luar hotel yang ingin membuat perjamuan
3.    Untuk membuat keuntungan yang wajar, artinya tamu puas dan hotel memperoleh keuntungan

RUANG LINGKUP F&B DEPARTEMENT
Food and Beverage Depertment terbagi atas 2 bagian
1.     Food &  Beverage Product
2.    Food & Beverge Service

» Food &  Beverage Product
Merupakan  department yang menyajikan makanan, mulai dari proses pemasakan sampai berupa makanan jadi. Product terbagi atas  berbagai macam bagian yaitu main kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana semua bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda beda tetepi bertujuan sama yaitu menjual produck ke konsumen hotel.
» Food & Beverge Service
Bertugas menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan beberapa jenis minuman diantaranya minuman campuran (mixed drinks)
Dalam suatu hotel F & B service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan minuman pada tamu hotel.
F & B service terbagi atas  4 bagian :
1. Restaurant
2. Bar
3. Baquet
4. Room service
» Restaurant
  Restaurant merupakan bagian dari Food & Beverage departement yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan  makanan dan minuman secara komersil pada suatu hotel.
» Bar
  Bar merupakan bagian dari food and beverage  department  yang bertugas menyiapkan makanan dan minuman, baik ber alkoholik dan non alkoholik.
» Baquet
  Baquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event besar yang di selenggarakan dihotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di selenggarakan di ball room, garden.
» Room Service
  Merupakan bagian dari food and beverage service yang bertugas melayani makanan dan minuman pada tamu  yang menghendaki makan dan minum dalam kamar hotel. Room service buka selama 24 jam dengan menggunakan pelayanan trolly atau tray.

PRODUCT FOOD AND BEVERAGE
1.     Tangible product
2.    Intangible product

MACAM USAHA BIDANG FOOD AND BEVERAGE
1.     Restorant (formal restourant, informal restourat, dan spesialist restourant)
2.    Banquet
3.    Bar
4.    Room service

A.   PRAMUSAJI

PENGERTIAN
Waiter atau waitress adalah seseorang yang menyajikan makanan dan minuman di dalam sebuah restoran atau bar.

SYARAT-SYARAT PRAMUSAJI
  • Intellegence (akal budi, kebijaksanaan)
  • Education (pendidikan)
  • Physical dan mental health (fisik dan mental sehat )
  • Honesty (kejujuran, ketulusan hati)
  • Confidence (kepercayaan pada diri sendiri)
  • Self respect (hormat pada diri sendiri, rasa harga diri)
  • Interest (kepentingan, perhatian)
  • Attitude to the guest (sikap kepada tamu)
  • Aptidute (kecakapan, kecenderungan)
  • Carefullness (kehati-hatian)
  • Tolerance (kesabaran)
  • Ability to take criticism (kesanggupan menerima kritik)
  • Appearance (tampang atau penampilan)
  • Manner (cara, jalan, macam)
  • Speech (berbicara)
  • Manners (adab, sopan santun)
  • Quickness (kecepatan)
  • Capability (kecakapan, kesanggupan, kepandaian)
  • Punctualy (ketepatan dalam waktu)
  • Memory (ingatan, kenang-kenangan)
  • Initative (inisiatif, ikhtiar, usaha)
  • Depentability (depent = tergantung)
  • Loyalty (kesetiaan)
  • Willingness to accept direction (kesudian/ kesediaan menerima pengarahan)
  • Resourcefullness (penuh daya upaya)
  • Enthusiasm (kegembiraan, semangat)
  • Friendliness (rasa berkawan)
  • Sense of humor (perasaan bergurau yang lucu)
  • Retiable (dapat dipercaya)
  • Cooperative (kerja sama)
  • Personable (menarik)
  • Healthy (kesehatan)
  • Knowledge (yang berpengetahuan banyak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar