Selasa, 23 April 2013

PASAR


1.   Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat terjadinya penawaran dan permintaan, dimana tindakan tersebut dapat menimbulkan harga, dan adanya kesesuaian harga akan mengakibatkan terjadinya transaksi jual beli. Adapun tujuan atau sasaran yang diinginkan oleh setiap perusahaan/pengusaha dalam kegiatan jual beli adalah keuntungan.
Keuntungan yang diharapkan paling tidak dapat menutup biaya produksi sehingga perusahaan tidak rugi. Selain hal tersebut diatas, yang  dikehendaki adalah untuk kelancaran perusahaan, serta untuk menambah modal.
Permintaan dan penawaran adalah meliputi barang dan jasa. Kehidupan suatu perusahaan bukan ditentukan oleh besarnya modal saja, melainkan oleh ada tidaknya pasar bagi barang hasil produksi perusahaan tersebut.
2.   Macam-macam Pasar
Secara garis besar, pasar dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
a.   Pasar Konkret, yaitu suatu tempat tertentu, dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Misalnya: Pasar Wonokromo, Pasar Senen, dll.
b.   Pasar Abstrak, yaitu setiap kegiatan yang menimbulkan pertemuan antara permintaan dan penawaran; dalam hal ini transaksi jual beli dapat terjadi walaupun penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Misalnya: Jual-beli lewat internet, lewat telepon, dll.
 
Macam-macam pasar abstrak
1.   Ukuran secara geografis
a.     Pasar dunia atau pasar internasional
b.     Pasar daerah atau pasar regional
c.      Pasar setempat atau pasar local
2.   Ukuran barang atau jasa
a.      Pasar barang
b.      Pasar barang mentah
c.      Pasar barang jadi
3.   Ukuran batas Negara
a.      Pasar dalam negeri
b.      Pasar luar negeri
4.   Ukuran waktu
a.      Pasar jangka sangat pendek atau pasar harian
b.      Pasar jangka pendek (short run market)
c.      Pasar jangka panjang (long run market)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar